Rangkaian Bunga, Seni

Rangkaian Bunga Ikebana

Pertama-tama, ikebana adalah seni, seni membuat karangan bunga Jepang. Ikebana berarti “membuat bunga hidup dalam air” dan juga “merevitalisasi tanaman” dan seluruh alam, mengubah satu-satunya aspek dekorasi dari rangkaian bunga. Apa yang lebih penting daripada garis estetika yang membawa efek filosofis dan abstrak dari kehidupan dan alam sebagai ciptaan ilahi. Setiap rangkaian bunga ikebana adalah dunia yang spesifik, titik alam hanya melalui kealamian, kesederhanaan dan kemurnian. Ini harmoni vas, batang, daun, ranting dan bunga. Satu cabang tunggal yang tertata dalam wadah ikebana tertentu bisa jadi karangan bunga Jepang. Dalam seni ini lebih disukai kuncup-kuncupnya daripada bunga-bunga besar, batang berliku menggantikan yang tepat, asimetri untuk simetri, kualitas untuk kuantitas bunga.

Tatebana – gaya Jepang pertama yang bisa disebut ikebana

Susunan bunga oriental pertama dibuat dalam gaya Tatebana (bunga vertikal), yang karakteristik utamanya adalah keberadaan Shin, yang berarti persekutuan semangat, kehendak dan keadilan. Ada gaya ikebana lainnya: Rikka, Nageire, Seika, Moribana, Heika, dan Jiyubana.

Garis Ikebena

Rangkaian bunga Ikebana adalah rekreasi alam dalam bentuk miniatur, di mana yang lebih penting adalah konstruksi linier daripada warna dan kuantitas, asimetri, menempatkan hanya bunga musim dan segitiga surga – manusia – bumi.

Menciptakan rangkaian bunga ikebana

Untuk membuat rangkaian bunga ikebana, ikuti diagram selanjutnya. Unsur tumbuhan tertinggi adalah Shin (itu melambangkan surga) dan merupakan satu setengah dimensi vas dan dapat diletakkan dalam sudut variabel dari posisi vertikal. Kemudian datang Soe (pria) dan itu ¾ dari panjang Shin, dibuang lateral kiri dari Shin. Elemen vegetal terakhir adalah Hikae (bumi) dan itu ¾ dari panjang Soe. Itu harus diatur, menentang elemen menengah, di depan kedua bahan tumbuh-tumbuhan. Ini adalah posisi utama rangkaian bunga ikebana, tetapi hanya diagram yang dapat dilengkapi dengan aksesori vegetal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *